Blog / Tips

7 Keuntungan Kalau Millennial Punya Asuransi dari Sekarang

Buddies

Nov 22, 2017

With great power, comes great responsibility.

Masih inget dengan salah satu quote paling memorable ini? Diambil dari film Spiderman, ucapan ini nggak hanya relate dengan kehidupan para superhero alias jagoan yang punya kekuatan super. Dalam kehidupan, tanggung jawab kita juga meningkat seiring bertambahnya usia.

Setelah masa kuliah usai, datanglah tanggung jawab kita untuk mencari penghasilan sendiri. Nggak mau nyusahin orang tua terus kan? Karier pun menanjak dan mungkin saat ini, banyak dari kita sudah mantap menjalani karier dan bahkan memegang posisi strategis di perusahaan tempat kita bekerja.

Lalu apa? Kembali merujuk ke quote di atas, tanggung jawab kita pun meningkat. Bukan hanya terhadap tugas di perusahaan, tapi terlebih kepada diri sendiri. Salah satu bentuk tanggung jawab itu adalah menyediakan asuransi yang pas untuk kondisi kita saat ini.

Kok, ujung-ujungnya asuransi? Coba deh cek 7 keuntungan di bawah ini, supaya dapat gambaran bagaimana asuransi bisa bantu hidup kita.

1. Kamu jadi punya “plan B”

Asuransi memberikan perlindungan finansial, seandainya sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi. Misalnya, kalau tiba-tiba *ketok-ketokmejakayudulu* terjadi kecelakaan dalam perjalanan ke kantor. Percaya deh, hal ini pasti bakal mempengaruhi kita secara finansial. Atau misalnya tiba-tiba kamu sakit dan harus dirawat inap di Rumah Sakit. Kalau bekerja kantoran mungkin penghasilan kamu nggak terpengaruh. Tapi kalau kamu pekerja lepas atau wirausaha, penghasilan harian bisa berkurang. Apa yang akan kita lakukan untuk mendapat penghasilan?

Kalau kita punya asuransi jiwa, maka risiko finansial yang terjadi karena peristiwa di atas bisa ditutupi. Asuransi akan memastikan uang kita, tidak habis untuk menutupi kebutuhan finansial yang terjadi karena kecelakaan. Bahkan jika meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan, yang selama ini kita support secara finansial, juga akan mendapat manfaat sesuai nilai polis.

2. Bisa optimal berkarya dan bekerja

Usia muda adalah saat aktualisasi dan unjuk diri. Mumpung energi dan waktu masih memungkinkan, harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Berkarya dan bekerja secara optimal jadi tujuan kita. Workd hard, play hard. Selain bekerja keras, ini juga waktunya bagi kita untuk menikmati hidup. Explore the world, jalani hobi seru, cari teman dan networking sebanyak-banyaknya. Dengan perlindungan jiwa dan finansial, kamu bisa merasa tenang menjalani hidupmu dengan maksimal.

MyLife Buddies bisa bantu kita jalani hidup lebih optimal dengan memberikan penggantian biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan, maksimal sebesar 5% Uang Pertanggungan atau maksimal 20 juta. Sementara MyHealth Buddies memberikan manfaat yang sama dengan MyLife Buddies, juga memberikan santunan rawat inap hingga Rp300ribu/hari. Setelah terproteksi 10 tahun, semua premi yang kita bayarin juga bakal dikembalikan.

3. Harganya makin murah kalau belinya sekarang, bukan nanti

Aturan ini berlaku di semua jenis asuransi: semakin bertambah usia, semakin tinggi harga premi yang harus kita bayar. Logikanya, di usia muda ini risiko untuk terkena penyakit lebih kecil. Artinya kemungkinan kita akan memerlukan asuransi dengan segera juga kecil.

Contoh kalau beli MyDream Buddies. Dengan harga beli yang sama, kita bisa dapat lebih banyak Uang Pertanggungan lebih banyak kalau beli di usia 25 tahun dibanding saat kita beli di usia 35 tahun. Kalau kamu perempuan misalnya, dengan premi 500 ribu rupiah per bulan yang dibeli sejak usia 25 tahun, kamu akan mendapatkan Uang Pertanggungan hingga Rp365.104.000. Bandingkan kalau kita belinya di usia 35 tahun, UP yang diterima sebesar hingga Rp270.020.000.

Lebih jauh lagi, bila kondisi kesehatan sudah bermasalah atau mengalami cedera sebelum memiliki pollis, biasanya kondisi tersebut akan dikecualikan di dalam polis.

4. Anti madesu alias masa depan suram

Dengan perencanaan yang baik, kita bisa memastikan masa depan yang bahagia karena nggak pusing mikirin pendapatan yang jauh berkurang. Misalnya dengan MyDream Buddies, asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia beserta manfaat tahapan dan manfaat akhir kontrak. Manfaat tahapan ini bakal kasih bonus tahapan tunai sebesar 5% Uang Pertanggungan setiap 3 tahun, sejak MyDream Buddies aktif hingga usia 70 tahun. Sementara manfaat akhir kontrak akan memberikan 100% Uang Pertanggungan ketika kamu 70 tahun. Itu artinya, tersedia jaminan dana hari tua yang akan memastikan kamu bisa menjalani gaya hidup seperti saat ini. Misalnya masih bisa terus ngelakuin hobi traveling kamu.

investasi

5. Tambahan dana darurat

Dana darurat ini penting banget untuk menjaga kestabilan finansial kita. Menurut Miliarder Mark Cuban seperti dilansir CNBC, kalau belum berkeluarga, maka jumlah dana darurat yang disarankan adalah sebesar 6X penghasilan bulanan. Sementara saat sudah menikah, sebaiknya kita punya dana darurat sebesar 12x penghasilan bulanan.

Meskipun, dana darurat dalam bentuk tunai tadi bisa kurang berarti semisal pasangan kita, yang selama ini jadi penanggung hidup keluarga, mendadak meninggal dunia. Asuransi jiwa, bisa memberikan manfaat tunai sebagai tambahan dana darurat yang kita punya.

6. Nggak pusing mikirin utang, kalau-kalau…

Bayangkan kalau kita kehilangan sumber penghasilan gara-gara kejadian yang kurang menyenangkan seperti sakit atau kecelakaan. Siapa yang mau bayar cicilan kita? Jangan sampai utang ini malah jadi beban bagi orang di sekitar kita.

Dengan Perlindungan Penyakit Kritis, sebagai asuransi tambahan di MyLife Buddies atau MyHealth Buddies, kita bisa memastikan adanya dana tambahan saat kita terkena beberapa penyakit kritis. Yaitu saat terkena serangan jantung, kanker, stroke, gagal ginjal, penyakit paru kronis hingga angioplasty.

7. Pelengkap asuransi yang sudah kamu punya

Banyak orang nggak tertarik beli asuransi karena sudah disediakan oleh kantor. Coba pastiin dulu jumlah dan manfaat yang didapat. Bisa jadi uang manfaatnya kurang mencukupi.

Kata Suze Orman, pakar keuangan dari Amerika Serikat di bukunya The Money Book for the Young, Fabulous & Broke, nggak usah takut beli asuransi jiwa lebih dari yang kita pikir kita perlukan. Di Buddies, ada fitur pengembalian 100% premi setelah kamu sudah dilindungi 10 tahun, walaupun kamu sudah pernah melakukan klaim, selama kamu masih hidup di akhir masa pertanggungan. Bahkan jika kita tidak punya utang atau utang kita nihil dan sudah membayar semua cicilan (hal langka di kalangan millennial), beli tambahan asuransi jiwa itu nggak ada ruginya.

Memang banyak banget keuntungan yang bisa kita dapat kalau beli asuransi sekarang juga. Apalagi, sekarang ini yang namanya asuransi bukan lagi barang yang sulit atau repot dibeli. Beli asuransi di Buddies untuk ngerasain sendiri kemudahannya.

Explore more