Blog / Info, Tips

Awalnya Sahabat, Akhirnya Menikah dan Lebih Dekat

Buddies

Feb 13, 2019

Bagi kamu yang masih belum menemukan jodoh, enggak usah jauh-jauh mencari. Bisa jadi salah satu teman kamu mungkin calon pasangan sehidup semati yang selama ini kamu cari. Bisa saja kan? Kisah cinta teman tapi menikah dialami oleh beberapa pesohor seperti: Kate Middleton dan Pangeran William, Kim Kardashian dan Kanye West, serta Ashton Kutcher dan Mila Kunis, kalau di Indonesia ada Ayudia Bing Slamet dengan Muhammad Pradana Budiarto atau lebih dikenal dengan Ditto Percussion.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa menikah dengan sahabat sendiri merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam pernikahan. Salah satunya diumumkan oleh Monmouth University Polling Institute pada Januari 2017. Lembaga tersebut mensurvei 801 orang dewasa di Amerika Serikat dan mengajukan pertanyaan: “Apakah Kamu menganggap pasangan sebagai sahabat atau ada orang lain yang lebih Kamu anggap sebagai sahabat?”

Sebanyak 83% pasangan menjawab kekasih mereka adalah sahabat mereka dan 88% pasangan menikah menjawab, suami atau istri mereka adalah sahabat mereka. Beberapa tahun sebelumnya, The National Bureau of Economic Research di Kanada melakukan survei serupa terhadap pasangan yang sudah menikah di Inggris. Kesimpulan dari riset tersebut adalah: menikah dengan sahabat membuat hubungan antarpasangan dua kali lebih kuat dibandingkan pernikahan lain. Hal ini sebenarnya wajar, karena dalam persahabatan biasanya terdapat kesamaan minat, rasa saling memperhatikan dan saling mempercayai, banyak menghabiskan waktu bersama, banyak berbagi, dan lain-lain. Simak beberapa kelebihan yang kamu rasakan bila menikah dengan sahabat:

Senang menghabiskan waktu bersama

Salah satu kualitas yang menonjol dalam persahabatan adalah perasaan nyaman ketika bersama-sama. Artinya, kita bisa bersikap jujur dan apa adanya ketika berada di hadapan sahabat tanpa khawatir ia akan meremehkan atau memberi penilaian buruk. Bahkan, sahabat sejati akan memberikan dukungan ketika kita sedang down. Dalam pernikahan, ini bisa disebut juga sebagai wujud dari mencintai diri kita apa adanya.

Senang berbagi cerita

Saat mengalami peristiwa menyenangkan atau sedih, biasanya kamu pasti ingin segera bercerita kepada sahabat. Nah, bayangkan bila sosok itu adalah pasangan kita sendiri. Kita bisa bercerita apa saja kepadanya, dan kapan saja karena kini sudah tinggal bersama. Pasangan pun tidak akan keberatan dan justru senang mendengarkan karena hal ini memang sudah menjadi kebiasaan sejak lama.

Sosok terdekat dan paling dipercaya

Landasan utama pernikahan adalah kepercayaan. Sahabat yang sudah dikenal dekat selama bertahun-tahun merupakan salah satu sosok yang paling kita percayai. Bukan hanya dalam hal kesetiaan dan tanggung jawab, tetapi juga untuk hal-hal sepele. Misalnya, ketika kamu mengetahui atasan ternyata melakukan korupsi di kantor. Kamu tidak bisa bercerita kepada rekan sekantor karena diancam akan ikut dijerumuskan oleh atasan. Dalam kondisi seperti ini, Kamu dapat mengadu sekaligus minta masukan dari pasangan. Ia tak mungkin membocorkan masalah tersebut karena tak ingin mempersulit kamu. Selain itu, ia juga akan memberikan pendapat yang bertujuan menolong kamu keluar dari situasi sulit tersebut.

Dapat diandalkan

Setelah bersahabat dengan pasangan selama bertahun-tahun, melewati berbagai peristiwa menyenangkan, susah, maupun menyedihkan, Kamu menyimpulkan bahwa ia adalah orang yang dapat dikamulkan. Ini biasanya menjadi salah satu alasan seseorang memutuskan bahwa sahabatnya adalah orang paling tepat untuk dijadikan pasangan seumur hidup. Faktanya, dalam hidup kita akan menghadapi banyak situasi sulit. Dalam kondisi seperti ini, kita membutuhkan dukungan dan bantuan orang lain untuk dapat tetap kuat dan tegar. Sahabat adalah orang yang telah menjadi saksi berbagai drama dalam hidup kita dan selalu hadir untuk memberikan dukungan bagi kita. Ia adalah suporter terbaik yang dapat menyelamatkan kita dalam kondisi paling sulit sekalipun.

Jadi, jika kamu merasa sahabat adalah sosok yang paling memahami diri kamu dan selalu setia hadir di berbagai momen penting hidup kamu, bisa jadi ia adalah jodoh yang selama ini kamu cari! Rencanakan juga masa depan yang akan dibina, misalnya dengan punya perlindungan dari MyDream Buddies, yang akan kasih kamu perlindungan jiwa dan manfaat tahapan tunai yang bisa digunakan sebagai dana tambahan/tabungan. 

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *