Blog / Tips

Depresi dan Sulitnya Memahami Masalah Psikologis Tersebut

Buddies

Sep 13, 2018

“We are all, always, outsiders when it comes to other people’s pain.” 
Karena, sedekat apa pun hubungan kita dengan seseorang, tidak semua hal bisa kita ketahui tentang orang tersebut.

Beberapa bulan lalu bahkan hingga kemarin, muncul berita duka mengenai figur publik dunia, yang meninggal dunia karena bunuh diri, salah satunya adalah Mac Miller

Menurut data The Centers for Disease Control and Prevention, angka bunuh diri meningkat 25% di 2017, hampir sama dengan angka bunuh diri pada 1999 dan 2016. Peningkatan angka tersebut, dapat terjadi karena masalah yang timbul dalam hubungan, mulai dari kasus kekerasan dalam rumah tangga hingga masalah gangguan kesehatan mental.

Depresi tidak memandang umur, status, atau jumlah kekayaan seseorang. Siapa pun memiliki risiko untuk bunuh diri, terlebih bagi mereka yang sejak lama telah bertarung dengan isu kesehatan mental.
Seperti yang terjadi pada sosok terkenal Chester Bennington, Kate Spade dan Anthony Bourdain.

Berita Duka dari Kate Spade dan Anthony Bourdain

Kate Spade dan Anthony Bourdain dikenal sebagai figur publik yang populer karena karya sekaligus aktivitasnya di panggung hiburan. Di sisi lain, keduanya memiliki keluarga yang jarang disorot oleh media massa. Terkenal, sukses dan memiliki banyak penggemar, bukan berarti menjamin kebahagiaan. Hingga keduanya ditemukan meninggal dengan dugaan bunuh diri.

Apa itu Sebenarnya Depresi?

Depresi bisa memengaruhi perasaan, cara berpikir dan berperilaku, serta dapat membuat kamu merasa seperti memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Jika rasa bersedih berlangsung dalam beberapa minggu hingga mengganggu pekerjaan dan kegiatan lain dengan keluarga atau teman, atau muncul pikiran untuk bunuh diri, kemungikan besar itu adalah depresi.

Cara Mengenali Orang Terdekat Mengalami Depresi

Bagaimana sebenarnya cara tepat mengetahui apakah selama ini orang terdekat kita mengalami depresi?
Menurut the DSM-5, panduan yang biasa digunakan dokter untuk mendiagnosis gangguan mental, orang yang mengalami depresi bila mengalami setidaknya lima tanda di bawah ini selama kurun waktu dua minggu. Apa saja sih tanda-tandanya?

  1. Penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis.
  2. Terlihat lelah dan kurang berenergi hampir setiap hari.
  3. Sulit fokus, mengingat detail dalam percakapan hingga sulit mengambil keputusan.
  4. Cepat marah.
  5. Tidak bisa tidur atau selalu tampak mengantuk.
  6. Terlihat cepat sedih, bingung hingga menangis tiba-tiba.
  7. Tidak tampak bersemangat atau puas dalam melakukan setiap aktivitas.
  8. Sering mengeluh merasa sakit pada tubuh, sakit kepala, kram.

Cara Kamu untuk Membantu Mereka yang Mengalami Depresi

Saat orang terdekat kamu mengalami depresi, tentunya kamu ingin melakukan sesuatu untuknya. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah selalu berusaha ada untuk mereka. Kehadiranmu untuk mendengarkan semua curahan perasaan dan permasalahannya tanpa menghakimi, itu adalah cara paling tepat untuk membantu.

Pertanyaan sederhana yang bisa sangat membantu, seperti “Hai, apa kabar? Kamu sedang apa?” Buatnya merasa diperhatikan dan merasa penting. Dengan begitu, ia akan merasa berarti dan terlindungi dari perasaan dan emosi yang tidak terkontrol.

Sebaliknya, hindari untuk cepat-cepat memberikan nasihat pada mereka yang mengalami depresi. Sebab, yang mereka butuhkan adalah kamu bisa menjadi pendengar bagi mereka dan tidak akan meninggalkan mereka meski mereka dalam masalah besar.

Cari Bantuan untuk Atasi Depresi

Masalah depresi ini merupakan hal yang serius dan tidak bisa dianggap sepele karena berpotensi untuk melukai atau menghilangkan nyawa. Ingatlah, bahwa kamu tidak sendiri dan bila pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, atau mengetahui seseorang dalam kondisi tersebut segeralah mencari bantuan.

Kamu bisa menghubungi layanan gawat darurat 119 di bawah Kementerian Kesehatan untuk meminta bantuan, termasuk konseling. 

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas untuk berbagi, seperti: 
1. Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id
2. Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online
3. Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis
4. Get Happy Indonesia; email: get.happy.yuk@gmail.com, telepon: +62 21 5700 271

Meski depresi adalah kondisi serius, namun depresi masih bisa ditangani. #AyoLoveLife dan terus bersyukur serta berbagi kasih dengan orang terdekatmu.

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *