Blog / Info, Tips

Kata Mereka yang Lebih Dulu Menjadi Pengusaha Muda

Buddies

Sep 17, 2018

Yang muda, yang kaya raya? Banyak jalan menuju kesuksesan di usia muda, salah satunya dengan berwirausaha. Profesi sebagai pengusaha, kini, dilirik banyak kaum muda.

Ada Elizabeth Christina Parameswari alias Lizzie Parra. Rela melepas jabatan manajer di Yves Saint Laurent di L’Oreal Indonesia demi membangun bisnis di bidang kecantikan. Di bawah bendera By Lizzie Parra (BLP) Beauty, Lizzie mampu meraih omzet hingga Rp100 juta per hari.

Ada juga Ali Muharam, lulusan SMA di Tasikmalaya, yang memulai bisnis kuliner dari kondisi ekonomi menengah. Berawal dari omzet Rp 30.000 per hari tahun 2013, kini melesat menjadi Rp 3 miliar per bulan. Bisnisnya melebar hingga kini memiliki 30 outlet Makaroni Ngehe, Bakso Oemardi, Omaheritage dan juga Kemping Tepi Danau!

Bukan tanpa perjuangan, keduanya meraih kesuksesan berbisnis. Berikut rahasia di balik kesuksesan mereka antara lain:

  1. Terjun Langsung ke Lapangan

Usai resign dari pekerjaannya, Lizzie memulai bisnisnya dengan menjadi make up artist (MUA) profesional. Semua pengetahuannya tentang brand make up dan kemampuan merias secara otodidak digabungkan. Setelah memiliki reputasi positif sebagai seorang MUA, Lizzie mulai menyusun formula berbagai produk kosmetik. Bahkan ia juga merancang konsep kemasan di setiap produk.

Ali pun demikian, bisnis kulinernya dimulai dari sebuah toko keil berukuran 2×3,5 meter. Penataan konsep warna toko, belanja bahan baku, memasak, dan melayani konsumen, bahkan bersih-bersih kompor, alat masak serta toko dilakukan sendirian.

  1. Berbisnis dari yang Disukai dan Tahu Risiko

Kesuksesan brand BLP Beauty tak luput dari passion Lizzie di bidang kecantikan ditambah dengan reputasinya sebagai MUA. Lizzie pun mengetahui potensi risiko yang akan dihadapinya, seperti banyaknya kompetitor sesama MUA serta produk-produk kecantikan yang telah memiliki nama besar.

Potensi risiko pun sudah diketahui oleh Ali, karena sudah lebih banyak pemain yang lebih dulu berkembang dan berpengalaman. Ali mengatasi risiko ini dengan membuat konsep toko yang menarik bagi anak muda, yakni cat didominan warna merah. Harga jual produk pun berani bersaing mulai dari Rp 5.000, serta aneka rasa dengan tingkat kepedasan beragam.

  1. Dilarang Menyerah

Periode terberat yang dialami Lizzie dalam merintis bisnis adalah tiga bulan pertama. Lizzie harus mandiri tanpa pemasukan bulanan lagi serta sebagai MUA pendatang baru, namanya belum dikenal. Tak mau menyerah, Lizzie pun menerima order merias pengantin.

Bisnis Ali pun awalnya diragukan. Namun tekad yang kuat serta pantang menyerah mematahkan keraguan tersebut. Ia berhasil menerakan kunci berbisnis kuliner khasnya yaitu harus mampu menggaet hati konsumen. Ali menjalankannya dengan konsisten dan penuh dengan kesabaran.

  1. Selalu Berinovasi

Berawal dari satu produk, yaitu lipcoat, BLP Beauty mampu menjawab keinginan pasar untuk memiliki pemulas bibir yang pigmented. Terus berinovasi, Lizzie mengeluarkan 32 produk kosmetik yang berbeda. Ia pun berinovasi dalam memasarkan produknyavia online dan toko offline bernama Beauty Space.

Ali pun berinovasi mulai dari produk, bukan hanya berupa makaroni, tapi ada bihun dan mie kering, hingga otak-otak. Ia pun berinovasi dengan jenis olahan kulinernya, ada yang kering dan basah. Hingga berinovasi akan konsep gerai yang menarik dan nama produk yang unik dan mudah diingat “Ngehe”.

  1. Memanfaatkan Teknologi

Sejak merintis karir sebagai MUA, Lizzie mengabadikannya dalam sebuah blog. Maka ketika BLP Beauty dirilis, ia memanfaatkan Instagram hingga situs resmi untuk pemasarannya.

Begitu juga Ali yang memanfaatkan media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram untuk promosi, serta menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, PIN Blackberry, dan Go Food untuk pemasaran produknya termasuk pemesanan produk.

Selain Lizzie Parra dan Ali Muharam, masih banyak pebisnis lainnya seperti Gibran Rakabuming yang bisa meraih sukses di usia muda. Aral melintang dalam menjalankan bisnis pasti ada. #AyoLoveLife dan tetap semangat mulai merintis usaha sambil melindungi diri dengan asuransi yang tepat untuk wirausaha seperti MyHealth Buddies.

 

Dok. Beritafashionista

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *