Blog / Tips

Mau Liburan Seru? Jangan Asal Pilih Agen Open Trip!

Buddies

Sep 24, 2018

Open trip adalah jenis perjalanan atau liburan yang diikuti oleh sekumpulan orang-umumnya tidak saling kenal-menuju destinasi tertentu. Jadwal dan rute perjalanan telah ditentukan oleh pihak penyelenggara open trip, jadi kamu tinggal mengikutinya saja. Model perjalanan open trip banyak diminati oleh kalangan anak muda karena tidak mengutamakan kenyamanan dan fasilitas saat berwisata sehingga lebih murah dari segi biaya.

Saat ini banyak operator atau agen yang menawarkan open trip untuk paket individu, grup, perusahaan, maupun paket keluarga. Perjalanan yang ditawarkan mencakup destinasi dalam negeri dan luar negeri. Namun, kamu harus hati-hati saat memilih penyelenggara. Alih-alih liburan ke destinasi impian, kamu malah rugi terkena penipuan . Namun, kalau kamu tertarik mengikuti gaya traveling ini, baca dulu deh tips dari Buddies dalam memilih agen open trip serta tour leader yang terpercaya.

Baca juga: Intip Serunya Jalan-jalan ke Sumba ala Anggey Anggraini via @her_journeys

Cek Reputasi

Pertimbangan utama saat memilih agen penyelenggara open trip adalah reputasinya. Agen yang memiliki jam terbang tahunan biasanya memiliki layanan profesional dan reputasi yang baik. Saat ini, cara paling cepat dan aktual mencari agen open trip adalah melalui media sosial. Kamu dapat mengetik tagar yang berkaitan dengan open trip atau membuka akun para traveler maupun influencer yang sudah pernah mengikuti open trip yang diselenggarakan agen tertentu. Agen yang memiliki follower cukup banyak di media sosial umumnya memiliki reputasi yang baik.

Minta Informasi Detail

Untuk mengetahui layanan serta penawaran dari suatu agen, kamu dapat menghubungi adminnya. Mintalah informasi terkait perjalanan yang ingin kamu ikuti secara mendetail. Proses ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui agen tersebut kredibel atau tidak. Bila responsnya cepat, komunikasi berlangsung sangat baik, dan informasi yang diberikan pun lengkap, maka agen tersebut layak dipertimbangkan.

Tour Leader Resmi Terdaftar

Pada kenyataannya, siapa pun bisa menjadi tour leader. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan risiko penipuan. Pertama, mintalah rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah mengikuti open trip sebelumnya. Kedua, bila tidak menemukan rekomendasi khusus, kamu dapat mencari tour leader yang terdaftar secara resmi di agen perjalanan atau Asosiasi Tour Leader Indonesia. Tour leader yang terdaftar secara resmi biasanya lebih terpercaya, memiliki standar kerja yang baik, dan lebih mudah diadukan bila bermasalah atau kinerjanya tidak memuaskan.

Tour Leader Berpengalaman

Karena tugas tour leader adalah memandu para peserta open trip menuju destinasi wisata, pilihlah sosok dengan rekam jejak baik: memiliki testimoni positif dan berpengalaman. Sebaiknya hindari memilih tour leader yang tergolong baru atau minim pengalaman karena selain dapat menghambat kenyamanan traveling kamu, juga rawan penipuan.

Paket Murah Bukan yang Utama

Umumnya open trip menawarkan paket perjalanan dengan biaya cukup terjangkau, namun, kamu tetap harus waspada. Beberapa hari sebelum keberangkatan, cek apakah akomodasi dan keperluan lain sudah dipesankan sesuai jadwal. Bila kamu hendak traveling ke luar negeri, mintalah kontak pemandu lokal dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tujuan. Dengan begitu, bila sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu dan rombongan tidak akan kebingungan dalam mencari bantuan.

Aspek Keamanan selama Perjalanan

Biaya murah bukan berarti dihilangkannya faktor keamanan selama perjalanan. kamu dapat memeriksa ada tidaknya faktor keamanan dari itinerary maupun transportasi yang digunakan. Misalnya: kapal ferry yang digunakan memiliki life jacket sesuai prosedur keamanan, hingga adanya asuransi perjalanan. Jika tidak disertai dengan asuransi perjalanan, kamu  dapat melengkapi keamanan selama perjalanan dengan MyDream Buddies yang memberi manfaat perlindungan serta bonus tahapan tunai setiap 3 tahun. Bukan hanya itu, MyDream Buddies juga dapat kamu gunakan sebagai dana tambahan untuk jalan-jalan.

Baca Juga: Bosan Liburan di Perkotaan? Wisata Taman Nasional Bisa Jadi Alternatif Plesiran

Tak bisa dipungkiri, traveling kini menjadi salah satu kegiatan favorit generasi milenial. #AyoLoveLife dan rencanakan kegiatan jalan-jalan yang nyaman dan terhindar dari penipuan.

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *