Blog / Info

Penting, Berolahraga Harus Rutin Kamu Lakukan secara Bertahap

Buddies

Sep 13, 2018

Gaya hidup sehat ditentukan oleh pola makan sehat, tidur berkualitas dan berolahraga. Dari ketiganya, mungkin lebih mudah untukmu menjalani pola makan sehat dan cukup tidur. Karena ada kalanya kamu malas untuk berolahraga.

Tapi dampak kurang dari berolahraga berbeda dengan kekurangan makan. Jika asupan harian kamu tidak sesuai kebutuhan, kamu pasti langsung merasa lapar, dehidrasi, kembung, diare hingga berpengaruh kepada berat badan yang tidak stabil. Sedangkan efek dari kurang berolahraga baru akan kamu rasakan dalam jangka waktu yang lama.

Padahal, dengan berolahraga kamu bisa dapatkan segudang manfaat, di antaranya;

Mencegah Penyakit

Rutin berolahraga dapat mencegah penyakit menghampirimu. Mayo Clinic menyatakan bahwa gabungan antara berolahraga selama 30 menit setiap hari dengan diet rendah lemak jenuh, serta menghindari penggunaan tembakau bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan American Cancer Society menyebutkan olahraga teratur yang disertai dengan pola makan bergizi dapat membantu mencegah perkembangan kanker pada orang dengan risiko genetik. Penyakit lain yang bisa dihindari dengan rutin berolahraga adalah diabetes, sakit punggung, obesitas, bahkan hingga osteoporosis.

Menjaga Fungsi Kognitif

Semakin bertambah usia, fungsi kognitif orang dewasa pun mengalami penurunan, misalnya menurunnya daya ingat, konsentrasi dan ketelitian. Saat berolahraga, otak akan terus berkembang dengan membentuk jaringan-jaringan baru serta menciptakan ratusan koneksi baru antar saraf otak. Kamu bisa menghindari risiko dementia, Alzheimer dan gangguan fungsi kognitif lainnya. Fungsi kognitif yang tetap terjaga tentunya mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Menjaga Kesehatan Mental

Bukan hanya tubuh yang sehat, mental kamu pun bisa ikut sehat dengan rutin berolahraga, lho… Saat kamu berolahraga, tubuh dapat melepas hormon endorfin yang memproduksi rasa bahagia yang dapat meminimalisir stres. Wajar jika setelah berolahraga kamu merasa lebih segar dan rileks.

Segudang manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan latihan kebugaran secara rutin. Tidak perlu langsung berolahraga jenis kardio kelas berat. Cukup sesuaikan dengan kemampuan tubuh, lalu tingkatkan secara perlahan. Berikut tingkatan latihan kebugaran yang bisa kamu lakukan:

Latihan Ringan

Berbagai pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, mengganti galon air minum, memasak, menyapu dan mengepel bisa menjadi pilihan. Meski tidak menghasilkan keringat berlimpah, kegiatan-kegiatan tersebut dapat melatih pernafasan dan otot tubuhmu.

Latihan Sedang

Aktivitas ini ditandai dengan meningkatnya detak jantung saat berkegiatan, napas lebih memburu, suhu tubuh meningkat, hingga keluarnya keringat. Latihan yang bisa dilakukan antara lain menari, naik-turun tangga, bersepeda, jogging, berenang, pilates dan yoga.

Latihan Berat

Pada tahap ini, tubuh membakar kalori lebih besar, keringat lebih banyak, detak jantung berpacu cepat, dan langsung terasa pada otot tubuh. Latihan berat yang bisa kamu lakukan, misalnya adalah lari, pound fit, zumba, high intensity interval training (HIIT), freeletics, TRX, hingga angkat beban.

Untuk hasil yang maksimal, WHO menganjurkan orang dewasa memenuhi kebutuhan latihan kebugaran ini dengan intensitas:

  • 150 menit latihan fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat dalam sepekan
  • 300 menit aktivitas fisik sedang dalam sepekan jika sudah terbiasa

Kamu dapat meningkatkan jenis latihan yang dilakukan jika sudah terbiasa olahraga rutin, misalkan dari latihan sedang naik ke latihan berat. Pastikan kamu berlatih sesuai dengan kemampuan dan prosedur untuk meminimalisir risiko cedera saat berolahraga. Jangan lupa, pakaian serta perlengkapan untuk keamanan selama kamu berlatih.

Jika kamu mengalami cedera, segera hubungi ahli untuk perawatannya. Namun alangkah bijaknya jika latihan kebugaran ini dilengkapi dengan perlindungan seperti iSport dari Astra Life, asuransi pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan khusus buat kamu yang hobi olahraga.
iSport adalah produk asuransi yang ditujukan untuk orang-orang yang gemar olahraga, profesional maupun yang hanya sebatas hobi.
iSport memiliki manfaat Penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat akibat Kecelakaan saat Olahraga hingga Santunan Patah Tulang akibat Kecelakaan saat Olahraga. Bahkan perlindungannya hingga ke luar negeri.

#AyoLoveLife, jaga kesehatanmu dengan rutin berolahraga!

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *