Blog / Info

Perlindungan Khusus untuk Kesehatan Kamu, Atlet Maupun Penggiat Olahraga

Buddies

Aug 28, 2018

Minimnya biaya dan ketiadaan asuransi masih menjadi kendala bagi kesejahteraan atlet. Kisah memilukan dialami oleh atlet Muay Thai asal Indonesia yang operasi cedera otaknya tertunda hingga ia mengalami koma.

Bagi seorang atlet, cedera sudah menjadi “risiko pekerjaan”. Potensi cedera selalu ada di sesi latihan maupun pertandingan. Padahal, fisik yang prima adalah modal utama bagi seorang atlet.

Anjuran Pemerintah

Anjuran untuk mengasuransikan atlet binaan telah dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora) ke organisasi olahraga di Indonesia. Bukan hanya asuransi kesehatan, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi berharap semua atlet Indonesia juga memiliki asuransi perlindungan di hari tua.

Anjuran ini ditujukan untuk berbagai cabang olahraga yang ditekuni para atlet dikarenakan sebagian besar cabang olahraga memiliki risiko terhadap kesehatan. Misalnya saja paralayang, tinju, balap motor/mobil, balap sepeda, panjat tebing, dan rollersport. Cabang-cabang yang dipertandingkan dalam berbagai turnamen olahraga internasional, termasuk Asian Games 2018.

Pentingnya Asuransi di Mata Atlet

Eko Yuli Irawan

Atlet angkat beban nasional, Eko Yuli Irawan, setuju akan pentingnya kepemilikan asuransi oleh setiap atlet. Rutinitas hariannya yang angkat beban hingga ratusan kilogram membuatnya rawan cedera. Diakuinya cedera hamstring, lutut kanan, dan tulang kering retak pernah dialami. Beruntung baginya, terdaftar dalam Pelatnas membuatnya mendapatkan fasilitas perawatan gratis bila cedera. Para atlet binaan Pelatnas yang terpilih dalam turnamen olahraga internasional juga sebagian mendapatkan fasilitas asuransi tambahan selain yang diberikan oleh negara.

Namun, Eko merasa masih dibutuhkannya asuransi pribadi oleh setiap atlet terhadap risiko-risiko yang bisa saja muncul saat kelak mereka tidak aktif lagi sebagai atlet nasional. Dengan memiliki asuransi pribadi ini, atlet yang sekarang masih aktif bertanding pun dapat lebih tenang berlatih.

Jauhari Johan

Hal senada diungkapkan atlet triathlon nasional Jauhari Johan. Atlet dengan segudang prestasi ini merasa, penting bagi setiap atlet memiliki asuransi yang khusus memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang memang rentan terjadi saat berlatih atau ketika tengah mengikuti turnamen.

“Dengan adanya asuransi, seorang atlet akan merasa lebih tenang dan bisa fokus pada pertandingan tanpa harus memikirkan atau khawatir terhadap kecelakaan selama bertanding,” ujar Jauhari yang beberapa bulan lalu didapuk membawa lari Obor Asian Games 2018 di Palembang.

Adanya perlindungan ekstra terhadap kesehatan, diyakini Jauhari dapat membuat para atlet Indonesia tampil lebih maksimal dalam berbagai perhelatan olahraga, termasuk Asian Games 2018.

Saat ini, Jauhari memiliki perlindungan asuransi iSport dari Astra Life. Ia merasa iSport merupakan produk asuransi yang tepat bagi dirinya karena fasilitas perlindungan yang ditawarkan memang sesuai dengan profesinya sebagai seorang atlet yang senantiasa menghadapi risiko cedera, baik saat berlatih maupun ketika mengikuti pertandingan. Jauhari berharap rekan-rekan sesama atlet dapat mengikuti jejaknya memiliki asuransi iSport untuk perlindungan selama berlatih maupun saat bertanding.

iSport: Perlindungan Tepat Bagi Olahragawan

Sebagai orang yang giat berolahraga, kini kamu tidak perlu lagi khawatir terhadap berbagai risiko yang dapat terjadi di tengah aktivitas olahraga. Saat ini sudah tersedia perlindungan ASLI iSport Protection (iSport) dari Astra Life, yaitu asuransi pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan khusus bagi kamu penggiat olahraga.

iSport adalah produk asuransi yang ditujukan bagi orang-orang yang gemar berolahraga, profesional maupun yang hanya sebatas hobi. iSport memiliki manfaat Penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat akibat Kecelakaan saat Olahraga hingga Santunan Patah Tulang akibat Kecelakaan saat Olahraga.

Risiko lain seperti dehidrasi, strain, sprain, dislokasi, heat stroke, cedera kepala berat, cedera spinal cord juga terlindungi oleh iSpot. Bahkan perlindungannya hingga ke luar negeri.

Nah, kamu pun bisa berolahraga dengan lebih tenang dengan perlindungan khusus. Tetaplah jadi pribadi yang aktif dan #BeABetterYou dengan terus menjalani gaya hidup sehat yang dilengkapi dengan perlindungan iSport!

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *