Blog / Tips

Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Penderita Kondisi Khusus yang Ingin Mudik

Buddies

Jun 12, 2018


Mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu, termasuk kamu bukan? Karena perjalanan mudik dan balik dari mudik kerap melelahkan, pastinya kamu perlu melakukan persiapan terutama untuk orang dengan kondisi khusus. Tujuannya, agar mudik dan balik dari mudik berlangsung nyaman. Dan aman untuk kesehatan.

Persiapan Umum

– Lakukan Medical Checkup
Sangat disarankan untuk kamu melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi ada tidaknyapenyakit sejak dini. Beberapa kondisi yang diperiksa saat medical check up yaitu berat badan, gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol, serta kesehatan jantung, mata, tulang, gigi, dan kulit.

Persiapan Khusus

– Ibu Hamil

Tidak terkecuali, ibu hamil sebaiknya melakukan medical check-up sebelum mudik. Umumnya, trimester kedua (18-24 minggu) adalah waktu paling ideal bagi ibu hamil untuk bepergian jauh. Agar perjalanan terasa nyaman, ibu hamil dapat melakukan hal berikut.

  • Kenakan pakaian yang nyaman selama di perjalanan.
  • Bawa serta identitas lengkap dan nomor telepon penting (dokter kandungan atau bidan) yang mudah dihubungi bila terjadi keadaan darurat di perjalanan.
  • Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, sempatkan untuk berhenti setiap beberapa jam sekali untuk menggerakkan badan dan melenturkan kaki agar tidak kram.
  • Jika punggung terasa sakit atau pegal, ganjal dengan bantal.

– Penderita Diabetes

Berisiko kehilangan kesadaran karena kadar gula darah sangat rendah di bawah normal, maka jika kamu menderita diabetes sepatutnya memerhatikan hal-hal berikut:

  • Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mudik.
  • Bawa obat dan alat ukur darah sehingga Anda dapat mengecek kadar gula darah secara rutin.
  • Jaga pola makan; usahakan tetap makan secara teratur dan membawa camilan sehat seperti buah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.
  • Bagi penderita diabetes tipe 1, jangan lupa membawa insulin. Simpan di tempat yang aman namun mudah dicari saat dibutuhkan.

– Penderita Alergi

Alergi bisa kambuh kapan saja termasuk di perjalanan mudik. Sebagai antisipasi awal, pastikan kau membawa obat alergi, kartu alergi dan beak makanan yang tidak mimic timbulnya alergi. Berisikan informasi tentang daftar alergen yang perlu dijauhi dan obat yang perl diminum jika kambuh, kartu alergi penting untuk kamu bawa terutama ketika mudik seorang diri.

– Penderita Mabuk di Perjalanan

Sebagian orang menderita mabuk di perjalanan; saat bepergian menggunakan mobil, pesawat, ataupun kapal laut. Saat mabuk menyerang, tubuh terasa lemas, pusing, mual, dan ingin muntah tanpa sebab yang jelas. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mabuk di perjalanan:

  • Makan sebelum berangkat; pastikan tubuhmu berenergi untuk menempuh perjalanan panjang, caranya dengan makan 1-2 jam sebelum berangkat.
  • Relaks selama di perjalanan; hindari melakukan kegiatan yang bisa membuat mata, telinga, dan otak bekerja keras mencerna informasi, misalnya membaca buku atau bermain gawai karena dapat memicu rasa mual.
  • Minum obat anti-mabuk perjalanan; menimbulkan rasa kantuk sehingga tubuh “dipaksa” untuk beristirahat sepanjang perjalanan dan terhindar dari mual atau pusing.

Tidak sulit kan persiapan sebelum mudik? #AyoLoveLife dan siapkan yang terbaik agar mudikmu nyaman dan aman.

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *