Blog / Info

Plogging, Tren Olahraga Lari yang Eco-friendly

Buddies

Jul 26, 2018

Hobi lari? Kalau kamu pecinta lari, saatnya coba variasi dari olahraga lari yang lagi marak nih, lari sambil memunguti sampah atau yang dikenal dengan sebutan plogging. Terdengar sederhana tapi aktivitas ini banyak manfaatnya dibandingkan jogging biasa lho.

Lahir di Swedia

Berasal dari Swedia, nama plogging berasal dari kata jogging dan sebuah istilah Swedia “plocka upp” yang artinya mengambil. Gabungan kedua kata ini kemudian menjadi konsep sederhana plogging, yaitu lari sambil memunguti sampah di sekitar. Digagas oleh ahli lingkungan Erik Ahlstrom, plogging berhasil membersihkan kota Stockholm di Swedia yang kala itu dinilai kotor dan mirip tempat pembuangan sampah.

Berkembang di Indonesia

Plogging mulai dikenal di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia sejak Februari 2018. Komunitas pecinta lari mulai menggelar plogging pada akhir pekan, di antaranya komunitas Maros Runners di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang berhasil mengumpulkan sampah hingga 50 kg. Begitu juga dengan komunitas Solo Runners yang melakukan aksi plogging di kota Surakarta, Jawa Tengah pada Maret 2018 dan berhasil mengumpulkan sampah hingga 90 kg.

Efektif Membakar Kalori

Plogging jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membakar kalori. melakukan plogging selama 30 menit saja mampu membakar kalori hingga 288 kalori. Lebih besar dari jogging yang biasanya membakar hingga 235 kalori.

Olahraga ini juga bisa mengencangkan otot, karena saat memungut sampah kamu akan berjongkok yang menyerupai gerakan squat. Kombinasi gerakan ini mampu melatih denyut dan kinerja jantung, serta membentuk otot bokong dan paha. Satu lagi keunggulan dari plogging, olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing orang.

Lingkungan Lebih Bersih

Manfaat plogging lainnya yang akan membuatmu lebih semangat adalah misi sosial di dalamnya, yaitu membersihkan lingkungan dari sampah. Bisa dibayangkan jika lingkungan bersih dari sampah? Tidak ada lagi bau menyengat, lingkungan lebih bersih, dan udara yang lebih segar.

Kamu bisa mulai plogging di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ajak serta saudara dan teman agar plogging terasa lebih seru. Secara tidak langsung, kamu bisa menjadi agen perubahan untuk kebersihan lingkungan sekitar lho.

Nah, agar kesehatanmu tetap terjaga dari risiko cedera saat plogging, berikan perlindungan ekstra dengan asuransi  iSport dari Astra Life. Asuransi khusus buat kamu yang hobi berolahraga. iSport memberikan perlindungan dan penggantian biaya Rawat Jalan Akibat Kecelakaan, terus ada penggantian biaya fisioterapi sekaligus pemulihan dan santunan patah tulang akibat kecelakaan olahraga juga. Kamu bisa miliki secara EKSKLUSIF hanya di 2xu Compression Run Flash Sale 2018

#AyoLoveLife dengan menjaga kesehatan serta kebersihan untuk kualitas hidup Anda yang lebih baik.

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *