Blog / Info, Tips

Sayur dan Buah untuk Meningkatkan Stamina Tubuh Buddies!

Buddies

Sep 13, 2018

Terdengar klise, makanan bergizi dapat menjaga kesehatan tubuh. Makanan bergizi di sini adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral yang jumlahnya seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pada 2014, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dapat dijadikan acuan dalam mempraktikkan perilaku makan sehat sehari-hari.

Salah satu makanan yang termasuk dalam aneka ragam pangan yang perlu dikonsumsi adalah sayur dan buah. Sayur dan buah bukan hanya kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Keduanya juga diketahui sebagai sumber antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas.

Tiga Sayur dengan Kandungan Gizi Tinggi

  1. Brokoli

Mengonsumsi secangkir (setara dengan 91 gram) brokoli dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan K . Selain itu, brokoli juga kaya akan folat, mangan, zat besi, dan potasium. Rajin mengonsumsi brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol, risiko kanker, dan menjaga kesehatan mata.

Cara konsumsi: dikukus hingga agak lunak kemudian dimakan seperti lalap, ditumis, atau dijadikan campuran telur dadar.

  1. Bayam

Sayuran favorit tokoh kartun Popeye ini kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin K, antioksidan jenis beta-karoten dan lutein yang dapat meminimalisir risiko kanker. Karena sayur ini tergolong rendah kalori, bayam juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Cara konsumsi: direbus sebentar (kurang lebih 1 menit) lalu dimakan seperti lalap, dijadikan salah satu campuran salad atau roti lapis, salah satu campuran smoothie, atau campuran telur dadar.

  1. Tomat

Banyak yang menganggap tomat sebagai buah, padahal sebenarnya pangan ini termasuk dalam kategori sayuran. Tomat kaya akan antioksidan jenis likopen yang baik untuk menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari risiko kanker dan penyakit jantung, serta menjaga tekanan darah tetap normal. Tomat juga kaya akan vitamin C dan K, folat, dan potasium.

Cara konsumsi: langsung dimakan, dijadikan isi roti lapis, dijadikan salad (dipotong-potong dan dicampur dengan potongan buah lain), dipanggang, dibuat sup, atau dibuat saus salsa.

Tiga Buah dengan Kandungan Gizi Tinggi

  1. Jambu biji

Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk yang selama ini disebut sebagai sumber terbaik vitamin C. Per 100 gram jambu biji mengandung 90 milligram vitamin C. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memakannya secara langsung, dijus, dijadikan salad bush, atau sebagai campuran puding.

  1. Nanas

Buah yang memiliki kandungan kalori rendah ini bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan tulang, serta membantu memperlancar pencernaan. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam nanas adalah vitamin C, mangan, magnesium, kalsium, vitamin B1, dan vitamin B6. Per 100 gram nanas mengandungi 47,8 miligram vitamin C, 13 miligram kalsium, dan 12 miligram magnesium. Selain bisa langsung dimakan, nanas bisa dijadikan salad buah, diolah menjadi smoothie, atau dijadikan salah satu topping pizza.

  1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai lemak baik dan render kalori yang baik untuk kesehatan. Jenis lemak baik yang terdapat di alpukat disebut oleic acid, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko peradangan, serta mendukung kesehatan jantung. Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara rutin demi memenuhi kebutuhan lemak baik harian. Selain disajikan sebagai jus, alpukat juga bisa diolah menjadi guacamole, dijadikan isi roti lapis loh.

#AyoLoveLife dan miliki tubuh sehat dan bugar dengan mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tapi, selain asupan yang bernutrisi tinggi, kamu juga harus melengkapi perlindungan untuk kesehatan kamu dengan asuransi MyHealth Buddies dari Buddies. MyHealth Buddies melengkapi asuransi kesehatanmu, memberikan santunan rawat inap hingga Rp 300.000 ribu/hari, hingga tersedia fitur pengembalian premi 100%.

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *