Blog / Info

Share Cost atau Open Trip? Lihat Dulu Perbedaannya di Sini!

Buddies

Mar 13, 2018

Siapa yang nggak suka liburan? Kegiatan pelesir ini bisa kasih kamu suasana dan pandangan baru yang tentunya menyegarkan pikiran. Tapi bukan cuma soal perasaan, berlibur punya banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir inc.com, liburan juga bisa mengurangi stres, mencegah penyakit jantung, memperbaiki produktivitas kerja, dan bahkan membantu memperbaiki kualitas tidur.

Dengan gaya hidup masa kini yang serba cepat, nggak heran kalau status berlibur kini berubah; bukan lagi sekadar keinginan tapi sudah jadi kebutuhan. Jadi gimana, udah siap berlibur? Sebelum menentukan tujuan, tahukah kamu? Gaya liburan zaman now udah berbeda.

Sebuah survei yang dikutip Femina.com pertengahan tahun lalu, menyebutkan kalau telah terjadi perubahan dalam gaya berlibur. Sebelumnya, tren menunjukkan bahwa liburan indentik dengan jalan-jalan dengan sahabat atau keluarga. Sekarang, gaya liburan seperti itu sudah makin jarang dilakukan. Angka menunjukkan bahwa, manusia modern lebih suka berwisata sendiri bahkan mereka juga lebih memilih merencanakan perjalanan wisata sendiri, tanpa ikut tur yang ada.

Perubahan tren berlibur ini disebabkan oleh kondisi modern di masyarakat saat ini. Adanya aplikasi-aplikasi pendukung yang memudahkan orang berlibur, seperti aplikasi penyedia transportasi dan penginapan, jadi salah satu pemicu utama tren ini. Hampir semua yang berhubungan dengan liburan bisa diakses melalui tombol sederhana di telepon seluler kamu.

Di tengah maraknya tren gaya berlibur mandiri ini, timbul banyak alternatif dalam cara melangsungkan liburan. Mulai dari metode backpacking dengan biaya rendah sampai couch surfing yang memungkinkan pelancong untuk menginap di sofa rumah milik penduduk lokal.

Walau banyak alternatif, ada dua metode liburan yang kini sedang digandrungi oleh penggila liburan: Liburan dengan share cost (patungan biaya) dan open trip (trip gabungan). Nah, gimana kedua gaya itu bisa menghemat biaya liburan kamu? Simak penjelasan berikut!

SHARE COST

Share cost adalah konsep berbagi biaya yang dikeluarkan selama liburan. Biasanya biaya yang dibagi merata adalah biaya yang terkait dengan biaya transportasi dan penginapan. Dibanding membayar tiket bus per orangan, lebih murah dan nyaman bila sekelompok orang dengan tujuan perjalanan yang sama menyewa mobil secara patungan. Sama halnya dengan berbagi tempat penginapan. Menyewa kamar besar (dorm) di tempat penginapan lebih murah dibanding menyewa kamar hotel. Ketentuan mengenai biaya apa saja yang akan dibagi dilakukan saat sekumpulan orang (baik saling kenal maupun tidak) sepakat untuk berbagi biaya liburan. Adanya kesepakatan ini nggak serta merta membuat sekelompok orang itu berlibur bersama, mereka hanya berbagi biaya untuk beberapa hal saja.

OPEN TRIP

Metode open trip berawal dengan ajakan yang disebar pada khalayak umum untuk berlibur ke sebuah destinasi tertentu. Ajakan ini terbuka bagi siapa saja (baik kenal maupun tidak). Setelah sepakat untuk berliburan bersama, kelompok yang baru saja bergabung ini mulai membuat kesepakatan-kesepakatan sehubungan dengan cara membuat biaya liburan bersama ini jadi lebih murah. Kesepakatan mengenai alat transportasi, lokasi kegiatan saat berwisata, dan biaya penginapan. Biasanya kelompok open trip ini akan mengunjungi tempat dan melakukan aktivitas bersamaan dengan anggota lainnya.

Sehubung dengan maraknya kegiatan open trip ini, beberapa biro perjalanan mulai menggunakan cara ini untuk menarik penggemar liburan. Dengan mengundang khalayak umum untuk liburan biaya murah, pihak biro perjalanan akan memperlihatkan bagaimana mereka menggunakan cara share cost untuk kelompok yang akan berangkat liburan bersama ini.

SHARE COST VS OPEN TRIP

Apa bedanya share cost dan open trip? Kedua metode ini memang nggak banyak memiliki perbedaan. Keduanya merupakan cara yang diciptakan untuk memangkas biaya berlebih yang biasanya kamu harus bayar saat liburan. Berbagi kamar, tempat tinggal dan mode transportasi terbukti dapat memangkas biaya liburan kamu. Jadi apa bedanya kedua hal ini?

Biasanya metode share cost nggak mengikat peserta liburan untuk pergi ke spot-spot liburan bersamaan dalam grup besar. Tidak ada pemimpin yang mengatur ke mana dan bagaimana liburan bersama tersebut akan dijalani. Peserta akan mendiskusikan sendiri itinenary masing-masing sehingga bila ada kecocokan antar peserta, mereka akan membuat kesepakatan share cost yang baru dengan orang tersebut.

Berbeda dengan share costopen trip sudah menentukan itinenary dan hitung-hitungan bersama berdasarkan itenary tersebut. Biasanya open trip punya tour leader. Pemimpin ini biasanya adalah orang yang membuka ajakan untuk melakukan liburan.

Walau tak sebebas share cost, lewat open trip kamu bisa berkenalan dengan orang baru selama liburan dan adanya pemimpin yang akan mengurus hal-hal seperti pemesanan dan itinenary perjalanan. Kamu ingin liburan sambil berkenalan dengan orang baru dan diatur oleh pemimpin kelompok? Atau apakah kamu hanya menginginkan liburan murah tanpa ingin dibebani kebersamaan dengan orang yang belum kamu kenal?

Pilihan ada di tangan kamu!

Sama seperti pilihan kamu untuk menyiapkan hari tua yang nyaman tanpa harus meninggalkan keceriaan masa muda dengan My Dream Buddies. Dengan jaminan pembayaran 100% uang pertanggungan dan bonus tahapan tunai yang bisa kamu pakai untuk menikmati liburan, My Dream Buddies adalah sahabat kamu dalam menikmati hidup.

Yuk, #ILoveLife dengan berlibur yang sesuai dengan gaya kamu!

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *