Blog / Tips

Traveling Hemat dan Seru ala @Marischkaprue

Buddies

Mar 14, 2018

Setelah melalui minggu yang sibuk dengan urusan pekerjaan atau rutinitas yang melelahkan lainnya, salah satu cara yang paling tepat untuk bersantai adalah dengan traveling. Sayangnya, sering kali acara traveling ini masih dianggap barang mewah karena memerlukan budget yang nggak sedikit. Tapi sebenarnya, traveling is a must! Ini adalah cara paling menyenangkan untuk melihat sisi dunia lain yang akhirnya bisa membuka pandangan kamu.

Nah, biar acara traveling bareng sahabat kamu tetap seru dan hemat, yuk simak cara asyik ala Marischka Prudence berikut ini!

#1 Jalan bareng temen biar bisa sharing budget penginapan dan transport

Nggak bisa dipungkiri, penginapan dan transportasi adalah salah dua poin yang akan paling banyak mengurangi budget traveling kamu. Nah, itu sebabnya, jalan bareng temen bisa banyak menghemat biaya traveling kamu. Apalagi kalau di itinerary perjalanan itu kamu banyak pakai transportasi darat yang menyebabkan kamu harus menyewa mobil.

Tapi menurut Marischka, jalan-jalan sama temen yang ngertiin kamu banget itu juga pentiiiing! Sahabat yang paling pas diajak jalan tentu aja yang memang pengertian, sayang, senang membantu, dan bisa berperilaku apa adanya di depan kamu. Nggak seru dong kalau jalan bareng teman yang jaim alias jaga image.

#2 Cari waktu trip pas low season dan nggak weekend

Harga tiket dan tarif hotel di saat low season itu bisa jauh menghemat biaya trip kamu. Jadi coba liburan di masa low-season seperti bulan September-November dan Februari-April. Hindari juga pesan tiket berangkat dan pulang di akhir minggu. Misalnya nih, kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu atau Sabtu-Senin adalah kombinasi harga tiket termahal. Sebaliknya, saat milih hari berangkat dan pulang, coba salah satu dari kombinasi berikut ini: Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

Belilah tiket di saat yang tepat. Menurut sebuah artikel di IDN Times, saat yang paling tepat untuk membeli tiket pesawat adalah hari Selasa dan Rabu. Umumnya, maskapai mulai mengumumkan harga tiket promo di Senin sore. Promo dari satu maskapai biasanya diikuti dengan penawaran harga yang miring dari maskapai lain. Penelitian yang dilakukan Expedia, situs pemesanan tiket dan hotel, menyebutkan bahwa harga tiket di hari Selasa dapat turun sampai 28 dolar AS atau setara Rp386.000 dibanding hari lain.

Kamu juga bisa manfaatin Buddies Points kamu untuk bikin acara jalan-jalan makin seru, walau dengan budget terbatas. Buddies Points bisa kamu tukarkan dengan berbagai hal, dari pulsa, makanan atau minuman dari merchant yang jadi mitra Buddies. Seru kan?

#3 Cari promo hotel

Masih nyambung dengan tips pertama, nih. Selain cari teman untuk sharing, jangan lupa cari promo hotel. Informasi tarif promo hotel biasanya bisa diperoleh dari aplikasi pemesanan hotel. Tapi lagi-lagi, sama halnya dengan tiket pesawat, hukum yang hampir sama juga berlaku untuk hotel. Tarif menginap di waktu weekend, yaitu Jumat-Sabtu akan lebih mahal dibanding kalau kamu menginap di hari Minggu sampai Kamis. Jadi, ada baiknya booking hotel selain di waktu weekend.

Informasi tercepat soal promo hotel ini biasanya didapat dari newsletter situs yang bersangkutan. Jadi nggak ada salahnya sih daftarin diri kamu untuk terima newsletter ini. Tapi darimana kamu tahu kalau harga promo yang kamu dapat itu benar-benar good deal? Caranya ada dua; pertama kamu bisa cek situs pemesanan hotel lainnya dan cek tarif di tanggal yang sama.

Masih kurang yakin? Coba telepon hotelnya langsung dan tanya apakah ada rate khusus di tanggal pemesanan kamu. Rate khusus kadang berlaku kalau kamu booking pakai kartu kredit tertentu atau melakukan pemesanan melalui situs online resmi mereka.

#4 Atur itinerary

Biaya liburan kamu akan tergantung dari itinerary yang kamu buat. Jadi saat membuat rencana perjalanan itu, ada baiknya ingat-ingat kembali berapa budget yang kamu sisihkan untuk liburan tersebut. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan pilihan obyek wisata yang ingin dikunjungi. Semakin jauh obyek wisata yang dituju dari pusat kota, semakin besar ongkos yang perlu kamu keluarkan.

Jangan ragu untuk memilih objek wisata yang gratis alias tanpa tiket masuk. Survei dulu untuk tahu pilihannya. Misalnya objek wisata itu berlokasi agak jauh dari tempat kamu menginap, pastiin ada transportasi murah meriah yang bisa kamu tumpangi untuk sampai di sana.

Sebaiknya, sambil menyusun itinerary, cek juga tempat-tempat makan di sekitar obyek wisata tersebut. Survei mana saja yang menunya oke, tapi tetap masuk di kantong. Semakin rinci itinerary yang kamu susun, semakin sedikit kemungkinan terjadinya salah perhitungan yang bisa bikin budget bengkak di tempat.

#5 Lengkapi diri dengan asuransi yang ngertiin kamu

Jalan bareng sahabat memang selalu menyenangkan, tapi perjalanannya itu sendiri punya risiko yang nggak bisa dipandang sebelah mata.

Supaya liburan kamu makin lengkap, jangan lupa bawa aplikasi Buddies di handphone kamu. Selain Buddies Points-nya bisa bikin acara traveling makin meriah, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi yang tepat seperti MyDreamBuddies. Asuransi ini akan akan memberikan 100% Uang Pertanggungan (UP) jika kamu tutup usia karena penyakit atau sebab wajar, atau 200% UP jika tutup usia karena kecelakaan. Serunya lagi, MyDreamBuddies akan bikin masa tua kamu seseru masa muda kamu dengan memberikan tahapan tunai setiap 3 tahun sekali sampai usia kamu 70 tahun dengan premi mulai dari Rp100.000 per bulan.

Gimana, sekarang sudah siap jalan-jalan bareng sahabat yang ngertiin kamu banget? Langsung saja hubungi mereka, terus obrolin deh destinasi jalan-jalan kamu dan sahabat.

Selamat jalan-jalan, ya!

Explore more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *